JALAK KEBO MATA KUNING DAN JALAK KEBO MATA PUTIH


Jalak kerbau bisa dibedakan dalam dua jenis, 
  • yaitu jalak kerbau yang memiliki iris mata putih 
  • dan jalak kerbau dengan iris mata kuning. 
Menurut mitos yang diyakini berjalak dan sebagian penghobby kicau jalak, jalak kerbau yang memiliki iris mata putih jarang berkicau, tetapi lebih mudah diajari bicara bahasa manusia meski hanya sepatah dua patah kata dan tidak sefasih burung beo. Adapun jalak kerbau dengan iris mata kuning memiliki kicauan yang lebih bagus, dan mampu meniru suara burung kicauan lainnya.

Terlepas dari hal-hal tersebut, faktanya kemampuan burung sangat tergantung dari kepintaran dan karakter dari burung itu sendiri, serta cara perawatan pemilik dalam merawat dan melatihnya burung jalak kebo tersebut.

Proses penjinakan jalak kerbau bisa dipercepat dengan cara memandikan burung sambil dipegang (jika belum terbiasa, sebaiknya jangan dilakukan, karena burung bisa terlepas). Teknik ini juga sering digunakan orangtua zaman dulu saat memandikan burung perkutut.

dan kembali pada Cara Membedakan jantan kebo dan betina

Membedakan jenis kelamin jalak kerbau memang tidak mudah, karena burung jantan dan betina memiliki kemiripan visual. Tetapi ada beberapa tengara awal yang bisa dijadikan panduan dalam sexing, antara lain : * Burung jantan memiliki kepala lebih besar, dengan bulu-bulu seperti disisir rapi di bagian keningnya.
  • Burung jantan memiliki jambul di sekitar lubang hidung atau pangkal paruh atas.
  • Burung jantan memiliki warna hitam di tubuhnya yang sangat pekat, dengan slip putih di bagian sayap yang terlihat lebih bersih dan tampak cerah.
  • ukuran tubuh dan jari-jari kaki pada burung jantan lebih panjang daripada burung betina.
  • Burung jantan akan berbunyi sambil mengembangkan bulu kepala dan mengangguk-anggukan kepalanya.
  • Suara burung jantan lebih bervariasi.